Adsense

Jumat, 01 April 2011

MEMILIH OVEN ROTI OTOMATIS ATAU BARU DALAM PERSPEKTIF

Dalam postingan kali ini, saya akan memberikan sedikit analisa dalam memilih OVEN ROTI YANG OTOMATIS ATAU MANUAL ditinjau dari kapasitas saya selaku praktisi dan technical bakery equipment. Pembahasan ini saya posting di blog karena banyak pertanyaan dan keraguan para pembaca blog INFO MESIN ROTI ini dikarenakan budget dan tingkat kebutuhannya dalam memilih oven roti. Baiklah saya akan membahasnya dari sisi kelebihan dan kekurangannya. OVEN ROTI OTOMATIS adalah oven roti yang menggunakan kontrol otomatis untuk menjalankan sistem pembakaran sehingga suhu oven dan kegagalan sistem pembakaran dapat dikontrol dengan baik. Sistem ini membutuhkan suplay daya kurang lebih 150 W dan tegangan listrik yang stabil. Untuk suplay pembakaran dapat dari gas ataupun listrik. Untuk suplai pembakaran dengan menggunakan gas elpigi atau gas alam dapat sangat hemat dibandingan dengan oven gas manual, perbandingannya bisa 1:3 dengan lama pemakaian yang sama. Untuk suplai pembakaran dengan energi listrik akan membutuhkan daya kurang lebih 3000 W, Oven listrik ini biasanya dipakai untuk mall/plaza yang mempunyai kebijakan pelarangan pemakaian gas elpigi untuk sumber pembakaran. Kelemahan oven roti otomatis baik yang gas ataupun listrik adalah tidak dapat digunakan untuk membakar kue lapis legit, kecuali oven tersebut dimodifikasi. OVEN ROTI MANUAL adalah oven roti yang menggunakan gas elpigi atau gas alam sebagai suplai pembakaran. Ada juga yang memakai bantuan daya listrik untuk memantik api pembakaran. Meskipun dapat memantik pembakaran dengan daya listrik tetapi panas suhu oven belum dapat terkontrol dan kegalan sistem pembakaran belum terkontrol juga. Pentingnya kontrol atas panas suhu oven adalah untuk menghasilkan panas pembakaran yang sesuai dan optimal dengan produk roti yang di oven/baking. Efisiensi OVEN ROTI OTOMATIS adalah dari kontrol panas suhu oven yang maksimal sehingga apabila suhu tercapai oven otomatis akan mematikan sistem pembakaran dan apabila panas suhu oven turun 5 - 10 derajat celsius maka oven otomatis akan menghidupkan sistem pembakarannya secara otomatis. Kelemahan oven manual adalah borosnya gas elpigi/alam untuk pembakaran dan suhu panas oven yang sulit terkontrol. Kelebihan oven manual bisa digunakan untuk kue lapis legit, mudah perawatannya dan tidak tergantung oleh matinya listrik rumah/tempat industri roti anda. Dari analisa saya oven manual masih dibutuhkan sebagai back up apabila ada kerusakan atau matinya jaringan listrik PLN di tempat anda. Semoga sedikit yang saya bahas ini dapat bermanfaat bagi anda, apabila ada pertanyaan,kritik,saran atau anda membutuhkan oven roti otomatis atau oven manual yang murah dan berkualitas silahkan call/sms di 081545552426. Saya sangat senang sekali share pengalaman dengan anda.fkr

21 komentar:

Dwi Wahyudi mengatakan...

Wah, enak donk mas kalau udah ada mesin yang otomatis ginian. Ngga takut gosong rotinya, bolehlah saya belajar membuat roti nih. Kebetulan keluarga saya di Jawa ada yang menjalankan bisnis roti juga, cuma masih gaya konvensional sepertinya. Salam persahabatan dari Blogger Borneo...

Anonim mengatakan...

halo mas, saya sangat tertarik untuk mengetahui lebih lanjut ttg roti oven otomatis dan mixer yang bagus untuk usaha pemula roti.

bisa dikasih penawarannya di fransing899@hotmail.com beserta penjelasannya ?
terima kasih, hormat saya, frans

fikrisu mengatakan...

@dwi........semoga usaha roti saudaramu sukses yach sob dan dapat mengembangkan mesinnya yang otomatis....thank's for visit my blog..

fikrisu mengatakan...

@frans......bisa pak, kalau nggak salah bapak yg sms saya siang tadi yach, langsung ke TKP aja pak. Sesuai alamat yg saya berikan. Selain harganya murah, kualitasnya bagus pak dan bapak bisa pilih mesin roti yang sesuai dengan kebutuhan bapak. thx

julie mengatakan...

wah saya baru tau ada mesin roti otomatis seperti ini mas fikri

aahimam.blogdetik.com mengatakan...

Efisiensi sebuah alat kerja yang dapat menjadi nilai efektivitas pada biaya dan kegunaannya.
Thanks infonya, mas...

Erfano Nalakiano mengatakan...

Wow....
blog yang sangat bermanfaat!
pembahasannya detail, mas!

Punya toko roti ya? :)

Salam

seru Jadi Guru :)

MT mengatakan...

mantap idenya!

reza mengatakan...

sangat helpful gan :)
ane jadi tau mesin cara bikin roti kayak gitu hehehe

dede mengatakan...

mantap mesin roti otomatis... :D

zaky mengatakan...

Salam publisher. Hari ini saya sumbang satu klik untuk adsense anda, gantian dong klik adsense saya di www.grandfree.co.cc
Ayo para netter indonesia saling klik adsense biar publisher Indonesia jadi kaya semua.
trimsss..

Anonim mengatakan...

weeeiii..seru sangat! makasih infonya ya :)

fikrisu mengatakan...

@julie.........makasih sob telah berkunjung di blog ku, semoga infonya dapat bermanfaat bagi kita semua.

fikrisu mengatakan...

@aahimam.blogdetik.........betul sob, semua bidang pekerjaan perlu efisiensi untuk hasil yang maksimal. makasih yach sob atas kunjungannya.

fikrisu mengatakan...

@erfano.....masih mulai merintis nich sob, backround saya di technical nya sob. makasih atas kunjungannnya yach sob...

fikrisu mengatakan...

@MT.....thank's a lot sob, makasih atas kunjungan dan commentnya.

fikrisu mengatakan...

@reza....thank's a lot sob, semoga infonya dapat bermanfaat and thank's for comment and visitnya..

fikrisu mengatakan...

@dede........thank's a lot sob, thank's atas comment dan kunjungannya yach sob.

fikrisu mengatakan...

@zaky.....thank's a lot sob. have a nice your day and thak's for your click,comment and visit here.

fikrisu mengatakan...

@dhenokhastuti.....thank's for your comment and visit here. good luck and have a nice your day.

Anonim mengatakan...

mas saya mau minta saran untuk pembelian oven gas second 1 dek dan mixer kapasitas 5L.
karna saya dan adik saya mau buka usaha kue, klo ada sih info yg jual second jg mas.
tolong di email ke ndra162@yahoo.com
thanks

Posting Komentar

Silakan berikan kritik dan saran untuk artikel ini. Terima kasih telah membaca artikel saya.