Adsense

Senin, 25 Januari 2010

Pemeliharaan & Perbaikan OVEN ROTI OTOMATIS


Pada tulisan saya kali ini, saya membahas tentang bagaimana kita merawat & memperbaiki oven deck otomatis.
Cara Merawatnya :
1) Bersihkan secara berkala ( 1 bulan sekali ) bagian plat besi yg biasa dipakai manggang & juga kaca oven roti. Mengapa saya sarankan untuk dibersihkan? Plat dasar/bawah yg biasa dibuat tempat loyang roti seringkali kena tumpahan adonan, bisa karena adonan terlalu penuh sehingga jarak antara permukaan loyang roti & adonan roti bedanya sangat tipis sekali, sehingga apabila dipaksakan untuk dipakai baking, seringkali adonan tumpah keluar. Adonan tumpah/meluber keluar bisa juga dikarenakan loyang roti yg bagian tepinya penyok / tidak rapat lagi. Apabila sisa adonan yg menempel tadi menumpuk bisa berakibat adonan lebih lama matangnya. Sehingga gas elpigi yang anda gunakan semakin boros. Pada bagian kaca oven, bila tidak kita bersihkan akan berakibat kesulitan dalam mengontrol adonan yg kita oven.
2) Pastikan gunakan Regulator Low Pressure yang los / safety gasnya kita hilangkan. Bila Regulator tersebut tidak kita hilangkan safety gasnya akan berakibat oven roti akan selalu mengeluarkan bunyi alarm. Mengapa? Karena tekanan gas yang masuk di dalam oven roti kurang dari kapasitas gas yg dibutuhkan dalam proses baking.
3) Pastikan untuk selalu membersihkan spuyer gas yg di dalam kontrol oven roti, bila oven roti anda menggunakan teknologi spuyer gas. Bila anda tidak membersihkannya secara berkala. Gejala awal oven  roti anda sering alarmnya berbunyi, selanjutnya selenoid valve gas di dalam oven anda akan macet atau rusak.
4) Pastikan kinerja centrifugal fan / blower anda dalam keadaan normal. Bila tidak, oven anda juga sering mengalami bunyi alarm. Untuk menjaga kinerja blower oven roti anda, bersihkan secara berkala dengan menyemprotkan WD40 pada rongga kipas pada blower. Sehingga tekanan angin yang mendorong gas masuk ke dalam ruang bakar oven roti akan seimbang dengan tekanan gas yang masuk.Created by FIKRI TEKNIK .

1 komentar:

jaka mengatakan...

salam kenal. Saya mengenal oven tapi untuk industri. Oven roti punya peluang bagus.

Posting Komentar

Silakan berikan kritik dan saran untuk artikel ini. Terima kasih telah membaca artikel saya.