Adsense

Minggu, 29 Januari 2012

4 Tips Tingkatkan Peforma Layanan Pelanggan







cust_ser1111Layanan pelanggan merupakan satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari bisnis Anda. Dengan meningkatkan peforma layanan pelanggan Anda, dapat dipastikan bisnis berjalan pada jalur yang telah ditentukan.

Dalam bisnis, kepuasan pelanggan merupakan kekuatan di samping pemasaran. Untuk meningkatkan peforma layanan pelanggan, Anda dapat memenerapkan tips-tips yang kami sadur dari ehow.com berikut ini:

1. Pekerjakan orang yang senang berhubungan dengan orang lain

Beberapa orang merasa nyaman bekerja berhubungan dengan mesin dan komputer, sementara beberapa orang lain merasa lebih nyaman bekerja jika berhubungan dengan orang lain. Pastikan Anda mempekerjakan orang yang sesuai. Orang yang gemar berhubungan dengan orang lain cenderung lebih bisa berlaku ramah dan mempunyai empati untuk orang lain.

2. Adakah pelatihan yang teratur

Program pelatihan layanan pelanggan adalah hal yang penting. Program ini seringkali berupa "aturan main" yang berisi beberapa skenario yang mencerminkan situasi sesungguhnya di lapangan. Pelatihan seperti ini mampu untuk mendorong perilaku yang lebih peduli kepada pelanggan.

3. Berikan wewenang

Berikan wewenang yang cukup untuk semua karyawan yang bekerja di divisi layanan pelanggan untuk mengambil keputusan tertentu, tanpa harus melibatkan manajemen yang lebih tinggi. Panduan layanan pelanggan yang jelas dan rinci diperlukan dalam hal ini. Ketika karyawan mampu mengambil keputusan dengan cepat dan baik, pelanggan pun akan terlayani dengan lebih baik dan cepat.

4. Beri ruang kepada pelanggan untuk memberikan masukan

Anda bisa mengadakan survei dengan tujuan mengumpulkan opini dan saran pelanggan. Para pelanggan Anda biasanya akan senang memberikan saran-sarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berikan kritik dan saran untuk artikel ini. Terima kasih telah membaca artikel saya.