Selasa, 27 Desember 2011

PELUANG ROTI SEHAT SEBAGAI BISNIS SEHAT

Bisnis roti sehat kelihatannya memiliki pangsa pasar yang sempit, tapi faktanya terus tumbuh dan berkembang. Pinot, Shokupan, Hoshi, Marché, adalah sederet pilihan gerai roti yang menawarkan roti sehat. Mereka semua tetap eksis, bahkan omsetnya terus meningkat. Kreasi roti yang tidak hanya memenuhi selera lidah para penikmat roti, tapi mendukung pola hidup sehat, bisa jadi justru menjadi bisnis paling “sehat”, penghasil profit yang menggiurkan.

Di Indonesia pelopor roti sehat bisa dikatakan dimulai sekitar tahun ………. Pinot yang saat itu 13 Juli 2005 membuka gerai pertamanya karena kesulitan mencari roti sehat. Sekitar tahun.. memang sulit. Sekarang? Sudah lebih mudah meskipun juga masih belum banyak pilihannya. Tapi sebut saja nama-nama ……, semua mereka memposisikan diri sebagai gerai roti sehat.

Hingga kini gerai roti sehat atau sejumlah brand roti sehat masih didominasi oleh roti-roti Jepang. Menurut para pengelola roti sehat, kenyataannya memang roti Jepang lebih menyehatkan karena  umumnya masih dibuat dengan cara tradisional, bebas bahan pengawet, bebas pemanis dan perasa buatan. Karena proses pembuatannya secara alami maka waktu yang diperlukan juga lebih lama. Proses pembuatannya bisa mencapai enam jam, sedangkan proses pembuatan roti pada umumnya hanya memakan waktu dua sampai tiga jam.

Sejalan dengan proses pembuatannya yang lama, sebagai orang beranggapan pertumbuhan roti sehat juga berjalan lambat. Mungkin salah satu penyebabnya adalah anggapan bahwa roti sehat itu mahal. Tapi Hoshi membuktikan bahwa roti sehat itu tidak harus mahal. Hoshi menawarakan roti sehat mulai dengan harga di bawah sepuluh ribu rupiah hingga belasan ribu saja.
Ulasan Business Review kali ini menyajikan beberapa gerai roti sehat di ibu kota yang cukup konsisten dan punya konsep kuat tentang roti sehat, di anataranya adalah Pinot, Healthy Choice, Shokupan, Marché, dan Hoshi. Tentu tidak semua gerai roti sehat yang bisa kami tampilkan di sini, namun setidaknya melalui beberapa gerai yang kami pilih secara bervariasi ini bisa memberikan inspirasi berharga tentang peluang roti sehat sebagai bisnis yang sehat.fkr

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan berikan kritik dan saran untuk artikel ini. Terima kasih telah membaca artikel saya.