Adsense

Minggu, 27 Maret 2011

Tata Letak Mesin Roti sebagai penentu efektivitas dan efisiensi.

Dalam postingan kali ini, saya akan mengulas tentang tata letak penempatan mesin roti. Memang bagi pengusaha roti pemula, tata letak ini belum merupakan sesuatu yang urgent. Tetapi bila bisnis roti yang kita geluti berkembang, tata letak ini sangat urgent. Banyak faktor yang mempengaruhi bila tata letak mesin roti kita tidak tepat.
1) Produktivitas kerja karyawan akan menurun. Bila tata letaknya tidak sesuai dengan flow chart jalur produksi maka karyawan seringkali melakukan banyak kegiatan yang tidak perlu. Misalnya tata letak mesin mixer roti dan oven roti yang dekat, maka karyawan sering kegerahan diakibatkan panas yang ditimbulkan oleh oven roti, juga untuk proses proving, moulding akan bersinggungan dengan karyawan yang memanggang di oven roti.
2) Produktivitas produksi akan menurun. Bila kita dapat mengatur tata letak mesin roti yang tepat maka efisiensi waktu produksi akan meningkat, sehingga hasil produk roti kita bertambah banyak.
Selain faktor tata letak, faktor ruang kerja yang panas, sempit atau panas sangat mempengaruhi produktivitas kerja juga. Seyogyanya, sebelum kita memulai bisnis roti, anda harus memperhitungkan jalur produksi, tata letak mesin, penempatan gudang bahan baku, tempat mesin packaging dll. Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat bagi anda. Memang, untuk membahas masalah tata letak yang tepat dan ideal bagi industri anda sangat tidak mungkin saya tuangkan di blog saya. Tetapi, saya bersedia membantu anda. fkr

2 komentar:

Tuan Muda Kalsel mengatakan...

wah.... Saya kurang ngerti masalah roti, tapi kayanya kalo soal penempatan alat, semua juga gitu. Entah itu mesin roti dan mesin2 lainnya harus memiliki pengaturan penempatan yang benar dan tepat agar kegiatan produksi bisa optimal.

Terima kasih sudah berkomentar di http://tuanmudakalsel.blogdetik.com, salam kenal....

fikrisu mengatakan...

tuan muda kalsel.......betul gan, lay out tata letak mesin sangat berpengaruh pada efisiensi alur produksi dan efektivitasnya. makasih gan atas kunjungannya.

Posting Komentar

Silakan berikan kritik dan saran untuk artikel ini. Terima kasih telah membaca artikel saya.