Jumat, 29 Januari 2010

Cara Mengoperasikan Oven Deck Otomatis

Dalam postingan saya kali ini, saya akan mengulas tentang cara mengoperasikan Oven Deck Otomatis. Dalam kenyataannya banyak orang yang dulunya memakai Oven Manual kesulitan dalam memakai Oven Deck Otomatis. Hal ini disebabkan karena perbedaan suhu dalam memanggang dan juga karakteristik Oven yang berbeda. Sehingga kita harus beradaptasi dahulu dengan Oven Deck Otomatis dahulu. Kelebihan dalam memakai oven deck otomatis adalah lebih irit dan lebih bagus tekstur juga taste produk roti tersebut. Baiklah saya akan mengulas langkah demi langkah cara mengoperasikannya juga tips lebih menghemat gas elpigi atau listrik pada oven deck otomatis.
1) Buka terlebih dahulu tutup pintu depan pada waktu pertama kali dinyalakan. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan sisa gas elpigi yang belum terbakar di dalam oven.
2) Nyalakan sakelar Power terlebih dahulu , setelah itu thermo control api atas diseting sesuai suhu yg kita inginkan disusul dengan thermo control api bawah dengan perlakuan yang sama. Lihat juga apakah lampu indikator api atas dan bawah ikut menyala atau tidak? Bila lampu indikator atas dan bawah ikut menyala menandakan sistem pembakaran di dalam oven sudah normal. Bila lampu indikator tidak menyala diiringi dengan suara alarm, hal ini menandakan sistem pembakaran tidak normal. Hal ini bisa disebabkan oleh gas elpigi yang sudah habis atau spuyer gas yang tersumbat. Bisa juga disebabkan oleh settingan centrifugal fan yang tidak match.
3) Bila suhu yang diinginkan telah tercapai masukkan adonan roti yang mau dipanggang, Setelah itu setting timer sesuai waktu yang kita inginkan. Dalam memasukkan produk roti jangan terlalu lama dalam membuka pintu oven, sebab suhu api atas akan cepat drop.
4) Setelah alarm timer berbunyi dan produk dilihat sudah matang maka buka pintu oven, kemudian keluarkan produk roti dari dalam oven. Dalam melihat produk roti sudah matang atau tidaknya, kita dapat menyalakan sakelar lampu oven. Bila tidak ada lagi produk yang akan di oven, setting thermo control api atas & bawah ke 0, setelah itu matikan sakelar lampu dan timer dan yang terakhir sakelar timer.
Tips menghemat gas elpigi. Setting terlebih dahulu thermo control api bawah sesuai suhu yang diingikan, bila suhu sudah tercapai baru setting thermo control api atas sesuai suhu yang di inginkan.
Suhu Oven untuk memanggang Roti Manis dengan adonan 50 gram, Thermo Control api atas dan bawah 160 - 170 C dengan waktu 10 menit.
Suhu Oven untuk memanggang Cake dan Cookies, Thermo Control Api Atas dan bawah 150 - 160 C dengan Waktu 30 menit.
Suhu Oven untuk memanggang Roti Tawar, Thermo Control Api Atas dan Bawah 200 - 210 C dengan Waktu 30 menit.
Trial suhu Oven dengan produk roti yg kita buat sangat diharuskan untuk menghasilkan hasil panggang yg lebih bagus..fkr

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan berikan kritik dan saran untuk artikel ini. Terima kasih telah membaca artikel saya.